Rilis Updater 8.12 Dan Kronologis Kejadian 15 sd 20 Desember 2014

Yang Terhormat
Rekan-rekan Operator Dapodikmen
di Seluruh Indonesia

Melalui informasi ini kami sampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyaman layanan dapodikmen beberapa hari kemarin. Namun demikian, perlu Kami sampaikan beberapa kronologis kejadian sebagai berikut :

Tanggal 15 Desember 2014
Pada tanggal tersebut kami melakukan rilis Updater 8.11 dan Aplikasi e-rapor K-13 SMA/SMK. Updater 8.11 ini merupakan perbaikan sistem dapodikmen dan merupakan tools agar dapat melakukan integrasi dengan aplikasi e-rapor K-13 SMA/ SMK. Semangat integrasi aplikasi Dapodikmen dan Aplikasi lainnya seperti aplikasi penilaian K-13 (e-rapor K-13) ini bertujuan agar Sekolah tidak lagi harus melakukan input  data sebagai dasar membuat penilaian dan untuk memaksimalkan fungsi dapodikmen. Ketika e-rapor ini dapat diintegrasikan dengan dapodikmen maka data penilaian tersebut tidak perlu didata kembali oleh perguruan tinggi dalam menyeleksi lulusan SMA dan SMK yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi. Selain itu akan diperoleh informasi tentang korelasi antara Data PTK, Data Peserta Didik dan Penilaian.

Tanggal 16 Desember 2014
Pada tanggal tersebut mulai bermunculan keluhan dari beberapa operator Dapodikmen. Keluhan terkait dengan Updater 8.11 dan aplikasi e-rapor K-13 SMA /SMK yang menyebabkan perubahan data di Sekolah  Operator. Kemudian Kami sikapi dengan cepat adanya keluhan operator tersebut dengan segera menarik updater 8.11 dari Download resmi agar sekolah yang lain tetap bisa menggunakan versi 8.10 dengan melakukan perbaikan dan pengiriman data. 

Tanggal 17-18 Desember 2014
Ketika menelusuri permasalahan yang terjadi pada tanggal sebelumnya, pada saat yang bersamaan pada tanggal 17 Desember 2014 terjadi kepanikan operator yg menyebabkan akses server menjadi lambat. Pada hari itu terjadi koneksi ke server dapodikmen sebanyak 17.451 hit pada waktu yang bersamaan, hal tersebut mengakibatkan proses download prefill dan sinkronisasi tidak berhasil. Oleh karena itu kami segera melakukan tindakan di server Dapodikmen pusat dengan cara mengamankan terlebih dahulu database yang ada di server Pusat. Beberapa usaha telah dilakukan agar komputer server memiliki perfoma terbaik walaupun diakses pengguna yang sangat banyak. Selanjutnya fitur-fitur yang membebani kerja server sementara ditutup dan dilakukan optimasi Query yang ada di layanan manajamen pendataan Dapodikmen. 

Tanggal 19-20 Desember 2014
Menindaklanjuti temuan serta pemasalahan instalasi Updater Dapodikmen 8.11 dan erapor SMA/SMK yang dijalankan secara bersamaan. Maka Ditjen Dikmen melakukan rapat evaluasi yg dihadiri tim Pengembang Dapodikmen dan Tim Pengembang Erapor-Direktorat Pembinaan SMA dan Direktorat Pembinaan SMK serta tim PDSP pada tanggal 19-20 Desember 2014 di ruang rapat gedung D lantai 11. Hasil dari pertemuan ini diantaranya melakukan perbaikan yang ada di aplikasi updater 8.11 dan kroscek terhadap aplikasi akan kemungkinan data yang berubah dengan sendirinya. Mulai dari data yg ada di lokal, sinkronisasi dan data yang ada di server pusat. Begitu juga bila e-rapor sudah terinstall ternyata seolah olah data keluar sendirinya di anggota rombel padahal databasenya tidak berubah. Pada kesempatan ini juga di cek keluhan operator sekolah yg melakukan updating data di dapodikmen tetapi tidak berubah di vervalpd.



Keunggulan Updater 8.12
Untuk sementara pada tanggal 20 Desmber 2014, file yang kami upload hanya Updater 8.12 yang akan memberikan solusi bagi operator sekolah yg tempat peserta didiknya melebihi 20 karakter dan mampu berintegrasi e-rapor. Ditjen dikmen bersama Direktorat Teknis akan terus berupaya menyediakan aplikasi alternatif e-rapor SMA dan SMK agar guru-guru dalam melakukan penilaian dapat di permudah dengan adanya aplikasi ini.

Layanan Keluhan Operator
Perlu kami pertegas bahwa kami dan rekan-rekan operator dapodikmen sekalian adalah satu tim kerja. Permasalahan yang dihadapi operator dapodikmen adalah permasalahan kami juga. Namun demikian kami juga memiliki berbagai kekurangan dan kelemahan. Semoga ke depan, kami mampu meningkatkan layanan kepada rekan-rekan operator dapodikmen. 

Bagi sekolah yg mengalami kerusakan data atau datanya hilang tapi sebelum tanggal 15 Desember 2014 sudah bagus untuk bisa melaporkan di email datadikmen@kemdikbud.go.id dengan melampirkan file prefill yg sudah bagus. Jangan lupa untuk menyampaikan kronologisnya, nama sekolah dan NPSN. Selain itu kami menyediakan hotline telpon helpdesk dapodikmen pusat :
 
1. Andik Purwanto (HP. 081357577437) (Call Only and Whatsapp, Mohon tidak SMS)
2. Muhammad Ikhsan Setyadi (HP. 082113280354) (Call Only and Whatsapp, Mohon tidak SMS)
3. Nafis Khoirul Huda (HP.082227546463) (Call Only and Whatsapp, Mohon tidak SMS)
4. Nurjolis (HP. 088809012261) (Call Only and Whatsapp, Mohon tidak SMS)
5. Herman Setiawan (HP. 082285763772) (Call Only and Whatsapp, Mohon tidak SMS)

Kami berharap penjelasan kronologis dan perbaikan aplikasi yang selalu dilakukan berdasarkan masukkan dari operator dapodikmen dapat dipahami dengan baik. Kami sangat mengapresiasi kerja keras dan usaha rekan-rekan operator dapodikmen. Semoga peran rekan-rekan semua dalam mendukung terwujudnya pendidikan berkualitas dengan didukung data yg lengkap dan valid menjadi amal ibadah rekan-rekan sekalian.
 
Salam Satu Data Dapodikmen


Kasubag Data dan Informasi, Setditjen Dikmen
Arie Wibowo Khurniawan

Comments

Popular Posts