Menuju Tahun Ajaran Baru 2015 2016 dan Batas Akhir Cut Off BOS SM 1 Juli 2015
Yth. Bapak/Ibu
1. Kepala SMA/SMK/SMLB
2. Kepala MKKS
3. Teman-Teman Operator Dapodikmen
di Seluruh Nusantara
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Alhamdulillah
Puji Syukur Kita panjatkan kepada Allah SWT, pada bulan Juni ini kita
telah mulai memasuki semester ganjil tahun ajaran 2015/2016 serta
memasuki babak baru periode Juli - Desember 2015 penyaluran dana Bantuan
Operasional Sekolah (BOS) Sekolah Menengah. Sehubungan dengan hal
tersebut, setelah mencermati Juknis BOS SMA/SMK tahun 2015 diketahui
bahwa batas akhir Cut Off ke-1 BOS SM 2015 untuk periode Juli - Desember
2015 adalah tanggal 1 Juli 2015.
Dalam
rangka penyuksesan penyediaan Data Pendidikan Menengah untuk penyaluran
BOS SM 2015 untuk periode Juli - Desember 2015, Tim Dapodikmen Pusat
telah melakukan beberapa langkah-langkah sebagai berikut diantaranya :
- Penyempurnaan Aplikasi Dapdikmen sesuai masukkan dari para operator dapodikmen.
- Melakukan pengaktifan referensi Semester Ganjil 2015/2016. Dengan demikian sekolah telah dapat melakukan update untuk dapat login dan melakukan proses periodikal pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016. Secara teknis proses periodikal yang dapat dilakukan adalah (a) melakukan proses kelulusan untuk siswa Kelas XII Tahun Ajaran 2014/2015, (b) melakukan proses kenaikan kelas, dan (c) melakukan up date seluruh data pada semester Ganjil 2015/2016.
Selanjutnya,
Kami mohon teman-teman operator dapodikmen segera melakukan update data
dengan beberapa langkah-langkah teknis sebagai berikut:
1. Login pada semester Genap 2014/2015 kemudian melakukan validasi dan sinkronisasi.
2. Setelah selesai sinkronisasi, log out/keluar dari aplikasi kemudian lakukan refresh (ctrl + f5).
3. Silahkan login ke semester Ganjil 2015/2016, kemudian melakukan proses update data:
a) Update data sekolah
Lakukan
update data identitas sekolah dan data-data pendukungnya, yaitu dengan
melengkapi data yang masih kosong dan edit data yang mengalami
perubahan. Data pendukung Identitas sekolah meliputi: data periodik,
sanitasi, blockgrant, Yayasan, Program pengajaran dilayani/Paket
Keahlian dilayani/Jenis ketunaan, s/d akreditasi.
b) Update data Sarpras
Lakukan
update data sarana prasarana dan data-data pendukungnya, yaitu dengan
melengkapi data ruangan yang belum masuk dan edit data yang mengalami
perubahan. Untuk data periodik di semester Ganjil 2015/2016 ini akan
kembali kosong, untuk pengisiannya dapat menggunakan tombol “ Salin
semua data periodik”. Fungsi tombol ini akan menyalin data isian data
periodik yang telah diisikan di semester sebelumnya, selanjutnya tinggal
melakukan update/edit data yang mengalami perubahan.
c) Update data PTK
Lakukan
update data PTK dan data-data pendukungnya, yaitu dengan melengkapi
data PTK yang belum lengkap dan edit data yang mengalami perubahan.
Untuk data penugasan di semester Ganjil 2015/2016 ini akan kembali
kosong, untuk pengisiannya dapat menggunakan tombol “ Salin penugasan”.
Fungsi tombol ini akan menyalin data isian penugasan PTK yang telah
diisikan di Tahun Ajaran sebelumnya, selanjutnya tinggal melakukan
update/edit data yang mengalami perubahan. Cek dan update juga data
pendukung PTK meliputi: data Anak, bea siswa, buku yang pernah ditulis
dan seterusnya sampai dengan data riwayat jabatan fungsional.
d) Update data Peserta Didik
Lakukan
update data Peserta Didik dan data-data pendukungnya, yaitu dengan
melengkapi data Peserta Didik yang belum lengkap dan edit data yang
mengalami perubahan. Untuk data periodik di semester Ganjil 2015/2016
ini akan kembali kosong, untuk pengisiannya dapat menggunakan tombol “
Salin Data Periodik”. Fungsi tombol ini akan menyalin data isian
periodik Peserta Didik yang telah diisikan di semester sebelumnya,
selanjutnya tinggal melakukan update/edit data yang mengalami perubahan.
Cek dan update juga data pendukung Peserta meliputi: data prestasi,
beasiswa.
e) Melakukan Proses Kelulusan kelas XII Tahun Ajaran 2014/2015
Silahkan
login ke semester Ganjil 2015/2016 kemudian masuk ke tab Pesera Didik.
Pilih dan berikan cek list pada peserta didik yang akan diluluskan, dan
selanjutnya klik pada tombol “Proses bersama kelulusan”. Pada window
proses kelulusan, isian “Keluar karena = pilih “Lulus”, isian “Tanggal
Keluar sekolah” = isi “15 Mei 2015”, isian “Alasan” = isi “Lulus”.
Proses selengkapnya diuraikan pada Buku Panduan Sukses Implementasi
Dapodikmen.
f) Update data Rombongan Belajar/Kenaikan Kelas
Sebelum
melakukan proses Kenaikan Kelas ini, pastikan sudah melakukan kelulusan
siswa seperti point e). Lakukan update data Rombongan Belajar dengan
melakukan proses kenaikan kelas, pada semester Ganjil 2015/2016 maka
data rombongan belajar akan kembali kosong. Silahkan masuk menu
“Kenaikan Kelas” dan lakukan proses kenaikaan kelas untuk seluruh
rombongan belajar kelas X dan XI. Secara teknis setelah diklik menu
“Kenaikan Kelas” maka ditampilkan form Naik Kelas, pilih salah satu
rombel dan klik tombol “simpan dan tutup” , lakukan satu persatu untuk
seluruh rombel.
Apabila
pada semester Ganjil 2015/2016 terjadi perubahan anggota rombel
dikarenakan ada perpindahan siswa atau anggota setiap rombel diatur
ulang, maka lakukan perubahan dengan prosedur mengeluarkan siswa yang
pindah/dipindah dari rombel lama kemudian dimasukkan ke rombel yang
baru. Pengeditan nama rombel sebaiknya dilakukan setelah menyelesaikan
proses kenaikan kelas untuk seluruh rombel. Bila anggota rombel semester
ganjil 2015/2016 tidak sama dengan semester sebelumnya (sekolah
mengadakan pengacakan anggota rombel), maka langkah yang dilakukan
adalah membuat Rombel Baru dan memasukkan Siswa ke dalam rombel secara
manual, pada jenis pendaftaran pilih “naik kelas”. Dalam hal ini tombol
kenaikan kelas tidak digunakan.
g) Validasi dan Sinkronisasi
Setelah
semua proses update data di aplikasi Dapodikmen (di komputer lokal)
dilakukan maka proses selanjutnya adalah melakukan proses validasi dan
sinkronisasi. Pada proses validasi pastikan invalid = 0 (nol) jika telah
melakukan penambahan data. Hasil dari update data melalui proses
sinkronisasi dapat dilihat saat login sebagai operator sekolah di
manajemen Dapodikmen (laman:dapo.dikmen.kemdikbud.go.id.
Secara
umum langkah-langkah yang diuraikan di atas adalah proses teknis untuk
melakukan update data pada Aplikasi Dapodikmen di Tahun Ajaran
2015/2016, dimana dalam pelaksanaannya dapat menyesuaikan dengan proses
periodikal di Sekolah.
Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu serta teman-teman operator sekalian, kami ucapkan terima kasih
Lakukan update Dapodikmen sekarang…..
Jangan Tunda Sampai Esok……
Selamat Bekerja….
Salam Satu Data Dapodikmen…
Comments
Post a Comment